Novel Hidden Reality Of Live Karya M. Anwar Ramdhani Beli Buku !

Studytour Ke Yogyakarta

Candi Borobudur

Jadi ceritanya waktu beberapa minggu kebelakang di sekolah itu ngadain Studytour ke Yogyakarta dan akhirnya kepikiran buat nyeritain secara singkat di blog (biar gak lupa kenangannya).

Kita Studytour ke Yogyakarta kurang lebih 2-3 hari dan itu gak cukup. Perjalanan Garut ke Yogyakarta ngehabisin waktu kurang lebih 12 jam, dan itu jadi faktor utama males pergi ke Yogyakarta, tapi waktu udah disana kaya gak mau pulang (soalnya seru).

Perjalanan dari Garut dimulai sekitar jam 18.00 WIB dan tiba di Yogyakarta sekitar jam 05.00 WIB dan kita berhenti di Rest Area untuk sholat shubuh, mandi, sama makan (biar gak laper). Waktu udah selesai, kitapun ngelanjutin perjalanan ke tempat berikutnya yaitu "Museum Dirgantara".

Waktu di Museum Dirgantara kita ngeliat banyak banget barang barang dari TNI Angkatan Udara, kita bisa ngeliat seragam TNI Angkatan Udara yang berbagai macam jenis, kita juga bisa ngeliat pangkat pangkat yang dipakai sama TNI Angkatan Udara, selain itu kita juga bisa ngeliat poto tokoh terkenal dari TNI Angkatan Udara, dan ada juga macam macam pesawat, selain itu ada juga beberapa benda lainnya yang bisa diliat disana (mau diceritain tapi lupa lagi).

Perjalanan berikutnya kita pergi ke tempat oleh oleh Yogyakarta (entah apa nama tokonya) disana ada banyak banget oleh oleh khas Yogyakarta yang harganya murah banget diantaranya ada Bakpia, Brem, dan lainnya. Waktu udah beli oleh oleh kita lanjut lagi ke Rumah Makan Denani, disana kita makan siang, sholat dzuhur, sama istirahat sejenak.

Waktu perut udah kenyang, kita lanjut lagi ke Taman Pintar. Di Taman Pintar kita bisa ngeliat macam macam tentang sains, dimulai tentang hewan, tumbuhan, nuklir, kelistrikan, dan lainnya. Selain sains ada beberapa tempat yang berisikan tentang kewarganegaraan dan budaya budaya, diantaranya ada batik, alat musik, poto poto Sultan Yogyakarta, dan perlengkapan lainnya.

Moment yang paling ditunggu tunggu sama kita semua adalah "Pergi Ke Hotel" soalnya udah cape banget pengen rebahan, dan akhirnya sekitar jam 15.30 WIB kita ngelanjutin perjalanan ke Hotel.

Waktu dihotel kita beres beres tas dulu terus mandi sambil sekalian istirahat. Jam 18.00 WIB atau sekitar udah sholat Maghrib, kita pergi ke Rumah Makan Adiyasa buat makan malem sama pergi ke Malioboro. Waktu di tempat makan hujan terus turun di Yogyakarta, dan gara gara hujan turun akhirnya gak jadi ke Malioboro (padahal udah pengen, eh malah gak jadi). Akhirnya waktu udah makan kita pulang lagi ke Hotel buat istirahat dan semua orang ngeluh gara gara gak jadi ke Malioboro.

Waktu dihotel kita gak cuman rebahan aja, tapi kita juga iseng ngetuk pintu kamar orang lain, naik turun tangga (entah apa maksudnya), makan sama temen sambil ngobrol, dan lainnya. Waktu udah seru seruan di hotel, jam 00.30 WIB akhirnya tidur dan bangun jam 04.00 WIB, dikarenakan masih ngantuk akhirnya tidur lagi dan sadar sadar udah jam 04.30 WIB.

Waktu bangun tidur seperti biasa ngelamun dulu kaya orang bego, terus sholat shubuh. Selain itu kita juga beres beres barang sama mandi soalnya jam 08.00 WIB udah checkout hotel (bentar banget). Tapi sebelum checkout, jam 07.00 WIB seperti biasa makan dulu biar perut gak laper dan biar semangat.

Jam 08.30 WIB akhirnya berangkat ke Malioboro, harusnya ke Malioboro itu waktu malem tapi gak jadi, dan akhirnya diganti jadi hari besoknya. Di Malioboro kita cuman dikasih waktu 1 jam (nawar harga aja gak cukup 1 jam) dan itu gak cukup waktunya. Waktu itu cuaca nya panas banget, jadi mau beli oleh oleh malah cape sama panas, dan akhirnya males.

Dari Malioboro kita pergi ke Candi Borobudur, perjalannya lama banget kalau gak salah sekitar 1-2 jam. Di Candi Borobudur kita gak bisa naik ke Candi nya soalnya lagi COVID dan disana panas banget. Waktu ngeliat Candi Borobudur dari gambar kaya kecil, tapi waktu ngeliat aslinya ternyata Candi Borobudur besar banget dari yang dipikirkan. Selain itu, kita juga ngeliat tempat oleh oleh disekitar kawasan Candi Borobudur. Dan yang paling males kalau udah ada yang nawarin barang (maksa banget), mana lagi panas terus di paksa paksa, Sabar.

Dari Candi Borobudur kita lanjut lagi perjalanan ke Rumah Makan Balewukir, disana kita makan sekalian sholat dzuhur dan ashar. Waktu udah makan kita istirahat sejenak biar gak cape sambil ngeliat temen nyanyi di depan.

Dari Rumah Makan Balewukir dilanjut lagi ke tempat wisata terakhir yaitu Lava Tour Merapi. Wisata Lava Tour Merapi menurut Anwar paling seru, kita naik Mobil Jeep dan diajak keliling di sekitaran Merapi dan kita disana ngeliat sisa sisa dari letusan gunung Merapi, mulai dari rumah, harta, dan lainnya. Sebelum tour kita poto bersama buat kenang kenangan, dan disetiap tempat tempat peninggalan kita juga poto bersama buat kenang kenangan. Dan ada moment tak kalah seru yaitu kita dibawa ke sungai sambil naik Jeep, dan itu jadi moment paling seru di studytour kali ini.

Sekitar jam 19.00 WIB kita lanjutin perjalanan ke Rumah Makan Yunani sambil pulang ke Garut. Perjalanan dari Lava Tour Merapi ke Rumah Makan Yunani ngehabisin waktu sekitar 2-3 jam, dan di bus rata rata pada tidur soalnya cape banget. Sekitar jam 22.00 kita nyampe di Rumah Makan Yunani, disana kita makan sekalian sholat maghrib isya. Di tempat itu ada beberapa orang yang maju kedepan buat nyanyi dan bersenang senang bersama sebelum pulang ke Garut.

Sekitar Jam 00.00 WIB kita lanjut lagi perjalanan pulang ke Garut, di bus kita pada tidur soalnya cape, dan bangun bangun udah ada di depan Masjid Agung Ciamis, kita berhenti disana buat sholat shubuh sambil istirahat sejenak. Sekitar jam 06.00 WIB kita lanjut lagi perjalanan pulang ke Garut, dan Alhamdulillah sekitar jam 07.30 WIB kita nyampe di sekolah dengan selamat.